Kabel Jaringan Cross Bukan Hanya Untuk PC to PC

Insprasi artikel ini saya tulis sewaktu seorang teman minta tolong untuk merubah kabelnya dari yang awalnya digunakan dalam sebuah hub ( konsentartor ) ingin di ganti ke susunan kabel cross untuk PC to PC ( peer to peer ).

Ya memang susunan kabel koneksi pc to pc atau peer to peer berbeda dengan susunan kabel jaringan yang terhubung yang di hubungkan ke suatu hub atau switch. Pada PC to PC menggunakan susunan kabel cross dan yang terhubng dengan hub/switch menggunakan susunan straight ( sejajar ujung satu dengan ujung lainnya ). Selengakapnya susunankabel jaringan bisa dilihat di tulisan saya sebelaumnya disini.

Nah kita mulai materi utamanya yaitu MDI da MDI-X ( apaa tuh he..he..he.. )

MDI ( Medium Dependent Interface ) adalah standart pengkabelan di sebuah port Ethernet yang ada di setiap NIC ( Netwok Interface Card ) atau biasa yang kita kenal dengan nama LAN card dan juga ada di HUB atau switch ( sudah ya sampai disini bahas si MDI klo mau lanjut silahkan ke Om Wiki he..he..he.. ) .

MDI port ini identik dengan koneksi kabel straight dan MDI-X bisa dibilang adalah koneksi ethernet untuk kabel cross atau TX. Dari perbedaan susunan kabel jaringan diatas sudah sejak dulu bukan lah lagi menjadi kendala, mengapa…??? karena sudah sejak lama teknologi untuk mengabungan koneksi MDI dan MDIX terimplementasi di Network Device seperti modem, Hub, Switch, router dll ( konon HP – Hewlett-Packard lah yang mengenalkan teknologi auto MDIx ini coba cek kesini aja bener ga ya ) Semoga bermanfaat....

Sumber : disini.

0 komentar:

Posting Komentar