Membasmi Virus Recycler, Autorun.inf (di USB Flash Disk) dengan Linux (PartedMagic atau PuppyLinux)

Di dunia windows, virus recycler banyak macamnya. Saya hampir frustasi menghadapinya, dengan antivirus biasa: avira, avg, pcmav, avi, comodo internet security dan yang freeware (gratis) lainnya. Beberapa kali kehilangan data berektensi doc dan xls.

Kalau untuk membersihkan UFD, saya biasa menggunakan PartedMagic LiveCD atau PuppyLinux LiveCD. Di sana terlihat file Autorun.inf, folder Recycler (harusnya tidak ada folder ini) dan file-file terinfeksi berekstensi “exe”. Setelah file-file tersebut di delete, dijamin UFD bersih dari virus.

Tetapi kalau untuk membersihkan Windows XP dari virus recycler, baru kemarin saya mengetahuinya tanpa sengaja. Ketika itu saya mencoba menginstal antivirus AVI (Infokomputer) dan men-scan komputer. Ternyata AVI hanya bisa mendeteksi, tetapi tidak bisa menghapus file-file yang berada di c:/windows/recyler yang dicurigai sebagai virus. Akhirnya berbekal lokasi folder tersebut, dengan menggunakan PartedMagic LiveCD atau PuppyLinux LiveCD, folder yang dicurigai tersebut dihapus. Kemudian dicek dengan antivirus AVI ternyata file-file tersebut sudah tidak terdeteksi lagi, artinya bersih! Syukur…


Sumber : disini.

1 komentar:

{ Blogger } at: 19 Februari 2017 pukul 11.00 mengatakan... Reply Comment

Been using AVG protection for a couple of years, I'd recommend this product to all of you.

Posting Komentar